09
Jun
10

Mencari Sekolah Idaman

Ribuan siswa yang telah menelesaikan pendidikannya di SD, SMP dan SMA, sibuk mencari sekolah baru. Sebagian besar beruntung, karena berhasil ‘menyelesaikan’ tugasnya untuk meraih nilai UASBN (Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional) atau UN (Ujian Nasional) yang cukup tinggi, sehingga dapat memilih sekolah yang menjadi idamannya. Sekolah idaman, dapat diartikan sekolah yang mudah diakses (dekat rumah, mudah transportasi), berkualitas tinggi (guru dan fasilitas penunjang diatas standard), favorit (disukai karena prestasi anak didiknya), atau sekolah yang sesuai dengan strata sosialnya (peer group oriented). Memang tidak banyak siswa yang memiliki motivasi tinggi untuk meraih impiannya bersekolah di sekolah idaman. Bahkan seringkali sekolah idaman berarti sekolah pilihan orang tuanya.

Lepas dari pro dan kontra UN, saya menilai teknik ini merupakan cara terbaik yang dapat kita lakukan pada saat ini. Memang diakui bahwa konsistensi nilai UN dan hasil Ujian Sekolah serta Ujian Akhir Semester masing-masing sekolah tidak selamanya sama. Barangkali, kita perlu mendapatkan angka-angka konsistensi secara statistik, yang menghubungkan antara nilai UN atau peringkat siswa saat masuk sekolah berdasarkan UN terhadap nilai ujian internal atau peringkat siswa sesuai nilai ujian internal.

Sekiranya kita memahami betapa pentingnya sekolah bagi anak kita, seyogyanya kita dapat membantu anak kita menentukan pilihan sekolah idaman, sesuai dengan katagori yang disebutkan sebelumnya. Setelah membantu ‘membangun pilihannya’ – dream building, maka langkah berikutnya anak kita harus dimonitor kemajuan prestasinya. Sehingga saat ujian akhir nasional, kita dapat memberikan persiapan yang terbaik bagi putra-putri kita.



KALENDER

Juni 2010
S S R K J S M
« Des   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 4 pengikut lainnya

Terimakasih telah mengunjungi Blog ini hingga sekarang mencapai

  • 44,622 orang

%d blogger menyukai ini: